Memiliki bisnis sendiri adalah impian sebagian besar dari orang-orang yang menginginkan kehidupan yang lebih baik (lebih layak), terutama dari mereka yang berprofesi sebagai karyawan. Tapi untuk memiliki bisnis sendiri ini adalah sesuatu yang tidak mudah untuk segera bisa diwujudkan. Hal ini karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan mereka tidak segera memulai untuk berbisnis, terutama kendala dari segi modal usaha dan waktu yang perlu disediakan untuk menjalankan peluang usaha atau bisnis-nya tersebut.

daftar ide bisnis dan peluang usahaDan dibawah ini adalah beberapa contoh jenis dan ragam ide bisnis dan peluang usaha yang mungkin bisa menjadi acuan buat Anda yang sedang memiliki rencana untuk memulai maupun mencari sebuah bisnis. Silahkan tinggalkan komentar Anda dan menyebutkan jenis bisnis yang Anda sukai atau minati yang akan kami gunakan sebagai acuan untuk tulisan kami berikutnya yang lebih detail di website ini. Namun secara umum, beberapa ide bisnis dan peluang usaha berikut ini mungkin bisa menjadi awal referensi Anda.

Daftar Ide Bisnis dan Usaha

1. Peluang Usaha dan Ide Bisnis Bidang Produksi/Industri

Pada jenis ide dan peluang bisnis ini, ada kegiatan untuk mengubah bahan atau barang menjadi barang lain yang berbeda serta mempunyai nilai tambah. Contohnya adalah sbb.:

2. Peluang Usaha dan Ide Bisnis Bidang Jasa

Usaha jasa adalah sebuah peluang usaha yang fokus utama usahanya adalah memberikan pelayanan dan atau menjual jasa. Berikut ini beberapa contoh dari ide bisnis jasa tersebut:

3. Peluang Usaha dan Ide Bisnis Bidang Intelektual

Dalam usaha ini sebenarnya ada unsur jasa maupun pengubahan bentuk barang yang dijual, namun dalam usaha intelektual kebutuhan bahan baku atau material tidak terlalu menonjol sebagaimana halnya usaha lain. Yang terutama dikerjakan dan dibutuhkan adalah pemikiran dan pekerjaan kreatif. Berikut ini adalah beberapa contoh dari ide dan peluang bisnis bidang intelektual ini:

4. Peluang Usaha Dan Ide Bisnis Bidang Perdagangan Dan Distribusi

Inti kegiatan usaha ini adalah sebagai perantara produsen dan konsumen, antara pemilik dengan pembeli, untuk menyebarluaskan, memeratakan atau memperluas jangkauan pasar suatu barang atau penawaran barang. Berikut ini adalah contoh bisnis dibidang perdagangan dan distribusi tersebut: Ide Bisnis dan Usaha Perkulakan:

5. Ide Bisnis Broker Properti

Dan setiap hari bermunculan berbagai ide dan peluang bisnis yang diciptakan oleh seseorang, termasuk beberapa peluang usaha baru ditahun ini terutama untuk jenis usaha rumahan dan usaha sampingan. Hal ini karena jenis usaha rumahan dan usaha sampingan ini biasanya dapat dimulai dan dikerjakan dengan modal yang minim sekalipun.

Lihat Juga Ide Lainnya Disini →

Seperti misalnya bisnis kasur busa sofa bed dan ide bisnis kasur lipat yang digagas oleh salahseorang member disebuah forum diskusi. Ia menjabarkan kalau ide bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis utama maupun sebagai bisnis sampingan yang dapat dioperasikan atau dijalankan cukup dari rumah saja, dengan modal yang relatif lebih kecil sehingga mudah dijangkau oleh para mitra mereka.

Masih Bingung Memilih Bisnis Dan Peluang Usaha Yang Tepat?

Kebetulan saya termasuk yang punya hobi belanja, terutama produk-produk pakaian. Tapi sering sekali setiap ke butik atau ke mall, aku jadi malah bingung memilih dari sekian banyak model pakaian yang dipajang. Namun pada akhirnya sayapun dapat memilih model dan ukuran yang sesuai dengan selera saya.

Begitu juga dalam memilih bisnis, Anda akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan, dan semuanya kelihatan sangat bagus dan menarik. Jika hal ini yang Anda alami, cobalah menyediakan waktu sekitar 15 s/d 30 menit untuk merenungkan diri menyangkut bisnis apa yang akan Anda jalankan.

Berikut ini beberapa sumber yang dapat Anda jadikan ide untuk memulai sebuah bisnis, yaitu:

1. Pekerjaan dan Keterampilan

Pengalaman kerja Anda dapat menjadi sebuah ide bisnis yang sesuai dengan pekerjaan atau keterampilan Anda. Banyak mantan karyawan yang kemudian mendirikan usaha yang sama atau serupa dengan jenis bisnis dari tempar kerja sebelumnya. Banyak sekali para programmer atau tenaga kerja dibidang IT yang berhenti kerja dan mendirikan bisnis dibidang software house, web hosting, dll.

2. Minat dan Hobbi

Ini adalah sumber kekuatan yang biasanya ampuh dalam membangun keyakinan Anda, dan bisa memotivasi untuk menentukan sebuah bisnis yang berasal dari minat atau hobi. Saya sebut sebagai sumber kekuatan yang sangat ampuh karena biasanya orang tidak akan merasa terbebani untuk mengerjakan sesuatu.

3. Pengalaman

Pengalaman yang pernah Anda alami dan pengalaman orang lain bisa menjadi sebuah ide untuk memilih bisnis yang sangat potensial. Pengalaman buruk seringkali menjadi langkah awal untuk menemukan sebuah ide yang sangat luar biasa, karena siapapun tidak ingin terjerumus ke hal yang sama untuk kedua kalinya.

Anda tentu tidak ingin hal tersebut terulang lagi, dan Anda akan berusaha untuk mencari jalan baru untuk terhindar dari kesulitan atau masalah yang pernah Anda alami tersebut. Jalan baru inilah yang saya maksudkan akan bisa menjadi pemicu munculnya ide bisnis dari pengalaman Anda yang sangat luar biasa.

4. Pengamatan

Pengamatan juga bisa menjadi sumber untuk menemukan ide bisnis yang akan ditekuni, karena melalui pengamatan inilah sumber tersebut tidak akan pernah habis, sepanjang Anda masih bisa melihat dunia ini. Melalui pengamatan terhadap apa yang terjadi disekitar, kita justru akan bisa menemukan kebutuhan-kebutuhan pasar yang belum terpenuhi seperti misalnya penjualan produk-produk tekhnologi unik seperti papan tulis interaktif misalnya, dsb.

Jadi ide bisnis yang bersumber dari hasil pengamatan ini juga cukup bagus untuk digarap.

5. Pendidikan

Pendidikan Anda bisa menjadi sumber ide untuk memilih bisnis yang bisa Anda tekuni. Seorang tamatan sekolah kejuruan bisa membuka bengkel motor atau usaha jahitan. Demikian juga dengan dokter misalnya, dia bisa membuka praktek atau klinik. Jadi coba pikirkan sebuah ide bisnis berdasarkan pendidikan yang Anda miliki.

6. Masalah

Seorang penulis pernah mengatakan bahwa setiap masalah yang seseorang hadapi sebenarnya adalah sebuah tantangan, dan dibalik dari tantangan tersebut biasanya akan ada peluang. Maka ide bisnis yang bersumber dari masalah yang pernah Anda alami juga bisa menjadi sebuah peluang usaha yang bagus.

Sebagai penutup, cobalah memilih sebuah ide bisnis atau peluang usaha yang sesuai dengan bidang dimana bisa membuat Anda senang mengelola usaha tersebut. Tetapi jika lebih dari satu, maka cobalah memilih yang paling memungkingkan untuk direalisasikan. Pemilihan ini bisa berdasarkan kondisi modal yang Anda miliki saat ini, atau berdasarkan pasar yang potensial. Sebagai contoh ketika saya mencari tempat belajar fashion design buat ponakan saya, dan ternyata ada cukup banyak pilihan tempat belajar fashion tersebut saat ini. Ini menandakan bisnis fashion termasuk pasar yang cukup menjanjikan di Indonesia.

Dan demikianlah jenis dan beberapa contoh konsep bisnis dan peluang usaha yang mungkin bisa menjadi dasar ataupun acuan Anda dalam memilih untuk memulai sebuah kesempatan dalam mengembangkan karir Anda melalui jalur dunia usaha.

Pin It on Pinterest